Senin, 14 Agustus 2017



sumber:http://sales-moratelindo.blogspot.co.id/2014/12/blog-post.html




        Moratelindo adalah penyedia infrastruktur telekomunikasi grosir yang didirikan pada tahun 2000. Kami secara global membuka kantor di Singapura bersamaan dengan pembangunan kabel bawah laut MIC-1 (Sistem Kabel Internasional Moratelindo One) yang menghubungkan Jakarta-Singapura. Pada tahun 2010, Pemerintah Singapura memberikan lisensi Berbasis Layanan (FBO) ke Moratel International Pte. Ltd., sebagai gateway jaringan untuk layanan leased line internasional. Di Singapura, Moratelindo juga membangun jaringan serat optik dan menerapkan DWDM (Dense Wavelength-division Multiplexing) untuk menanamkan kapasitas jaringan backbone yang lebih besar. 

        Pemerintah Indonesia telah mengandalkan Moratelindo untuk mendukung infrastruktur nasional setempat dengan izin penting; JARTUP (Jaringan Tetap Tertutup), NAP (Network Access Point), ISP (Penyedia Layanan Internet) Dan JARTAPLOK (Local Fixed Network), serta untuk membangun dan mengoperasikan pusat data nasional; Nusantara Internet Exchange (NIX).


sumber:https://www.slideshare.net/sonnymochamad1/moratelindo-iapi-procurement-forum-and-expo-2015

        Pada tahun 2012, Moratelindo menyelesaikan pembangunan tulang punggung kapal selam internasional utama di Jakarta, Bangka, Bintan, Batam, dan Singapura (B3JS). Sebelumnya, jaringan serupa (sekitar 400 kilometer) juga telah dibangun menghubungkan Batam-Dumai-Melaka (BDM). Jaringan ini merupakan hasil kolaborasi antara Moratelindo, XL Axiata dan Telekom Malaysia. 

       Jaringan backbone nasional kami juga terentang dari Sumatera ke Jawa dan Bali. Dengan semakin banyaknya kebutuhan pelanggan, jaringan harus didukung oleh keamanan data yang andal. Untuk memenuhi hal tersebut, Moratelindo membangun 11 Nusantara Data Center (NDC) di Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Serang, Bandung, Semarang, Dan Yogyakarta. Semua NDC kami terhubung dengan jaringan lokal (IIX-APJII dan Open IXP) dan jaringan internasional (Equinix dan Global Switch di Singapura).


sumber:http://www.moratelindo.co.id/about_us.html

Perusahaan-Perusahaan Yang Bekerjasama Dengan MORATELINDO

1). Triasmitra
   Triasmitra Group adalah perusahaan infrastruktur telekomunikasi. Kami menyebarkan, memiliki, memelihara dan menjual sistem kabel backbone serat optik darat dan terestrial. Sejalan dengan sistem yang digunakan, Triasmitra menyediakan layanan pengelolaan sistem kabel serat optik.
   Didirikan pada tahun 1994 sebagai perusahaan kontraktor dan perdagangan, Triasmitra mengubah dirinya menjadi perusahaan EPC (pada tahun 2004) dalam penyebaran infrastruktur telekomunikasi, termasuk meluncurkan jaringan serat optik dan kabel listrik.
   Kami memperluas pada tahun 2007 menjadi kegiatan kelautan telekomunikasi, pertambangan dan minyak & gas, termasuk survei kelautan, rekayasa dan perancangan, perizinan dan perizinan, manajemen proyek, pembelian dan konstruksi.
   Perusahaan pelayaran kapal selam pertama di Indonesia yang memiliki kapal selam 2.500 km lebih banyak, dengan layanan bisnis jasa dan depot di pulau Batam. Kantor pusat kami berlokasi di Jakarta dan dengan kantor-kantor di Batam, Bintan, Bangka, Surabaya dan Singapura.
   Kerjasama itu bertujuan untuk lebih memberikan perlindungan dan pengamanan sistem komunikasi kabel laut. Selama ini, keamanan kabel laut menjadi hal penting, baik bagi operator pemilik kabel laut, maupun perusahaan swasta yang menggunakan infrastruktur itu untuk layanan telekomunikasi.
   Saat ini, Ketrosden Triasmitra mengaku telah melakukan berbagai sistem keamanan kabel bawah laut, antara lain memonitor dan mengarahkan aktivitas pergerakan kapal di sepanjang jalur kabel laut yang berpotensi merusak kabel laut.
   Selain itu, perusahaan juga memberikan peringatan untuk kapal yang sedang berlayar di sekitar jalur kabel dengan kecepatan < 2 knot atau membuang jangkar di radius 2 mil dari jalur kabel.
   Patroli laut secara rutin di daerah yang rawan kerusakan kabel juga dilakukan, serta melakukan Koordinasi ke aparat yang berwenang jika terdapat kapal yang berpotensi merusak kabel, dan tidak mau diarahkan menjauh dari jalur kabel laut.
sumber:http://www.triasmitra.com/index.php/our-work-protfolio/65-surabaya-denpasar-fiber-optic#prettyPhoto

VISI       Menjadi penyedia infrastruktur telekomunikasi terkemuka dalam memberikan solusi menyeluruh bagi pelanggan untuk solusi dan layanan serat optik.MISI
     Menyediakan layanan handal di bidang Engineering, Procurement and Construction (EPC) dan Managed Service (MS) dalam penyebaran dan pemeliharaan infrastruktur backbone serat optik.

sumber:http://www.triasmitra.com/index.php/news-blog

2).Oxygen
     Oxygen.id merupakan produk provider internet PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo). Saat ini, Oxygen.id yang menyajikan layanan internet lewat media kabel fiber optic (FO), baru terpasang di kawasan Soekarno-Hatta dan Jalan Pahlawan, Bandung.
    Ke depan, kabel FO akan dibangun di daerah Jalan Martadinata (Riau). Tidak tanggung-tanggung, Oxygen.id dalam memasang jaringan di Bandung mentargetkan 2.000 kilometer.
http://www.kompasiana.com/infokespro/oxygen-id-jaringan-internet-untuk-berselancar-dengan-kecepatan-1-gbps_5596491b337a61060d375d92

   Oxygen telah hadir di Jakarta, Bandung, dan Bogor dengan memiliki sekitar 100 ribu home passed yang didukung backbone Moratel berupa serat optik sepanjang 20 ribu KM.   Oxygen juga menyediakan fasilitas WiFi secara gratis dengan keepatan hingga 1 Gbps.Dalam kancah dunia maya oxygen.id mengintegrasikan layanan berbasis Internet dengan satua koneksi sebagai pendukung bisnis, al. Oxygen Leased Line, Video Conference, Home Automation, Virtual Private Server, Hosting Services, CCTV Surveillance, IP PBX dan TV Kabel. Selain itu oxygen.id juga menjadi pendukung SOHO (Small Office Home Office) dan bidang-bidang usaha lain.
sumber:http://www.kompasiana.com/infokespro/oxygen-id-jaringan-internet-untuk-berselancar-dengan-kecepatan-1-gbps_5596491b337a61060d375d92
3). Palapa Ring
    Proyek Palapa Ring merupakan proyek yang sedang di garap oleh Pemerintah dalam melakukan penyebaran sert fiber nasional. Proyek Palapa Ring sendiri juga sebagai inisiasi dari Pemerintah pusat untuk penyebaran akses internet ke seluruh wilayah di Indonesia, baik itu Barat, tengah maupun wilayah Indonesia bagian Timur.

Hasil gambar untuk palapa ring
sumber:http://www.ekonomidigital.id/2016/10/19/proyek-palapa-ring-barat-telah-dimulai/

Lalu, apa itu Palapa Ring dan Bagaimana Latar Belakang dari Proyek yang menelan dana Triliunan rupiah ini ?
       Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

      Pemerintah Indonesia menggunakan ‘Palapa Ring’ sebagai nama proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung bagi telekomunikasi nasional. Cikal bakal dari Palapa Ring sendiri adalah ‘Nusantara 21’ yang merupakan proyek awal pemerintah pada 1998. Namun, krisis ekonomi yang melanda Indonesia membuat proyek tersebut tidak berjalan. Januari 2005, pada ajang Infrastructure Summit I, wacana pembangunan infrastruktur telekomunikasi kembali mencuat ke permukaan.
    Setelah Nusantara 21 tenggelam, muncul ide Cincin Serat Optik Nasional (CSO-N) yang diprakarsai oleh PT Tiara Titian Telekomunikasi (TT-Tel). Aplikasi tersebut merupakan jaringan kabel kasar bawah laut berbentuk cincin terintegrasi yang berisikan frekuensi pita lebar yang membentang dari Sumatera Utara hingga Papua bagian barat dengan perkiraan panjang sekitar 25.000 km. Setiap cincin akan meneruskan akses frekuensi pita lebar dari satu titik ke titik lainnya di setiap kabupaten. Akses tersebut akan mendukung jaringan serat optik pita lebar berkecepatan tinggi dengan kapasitas 300 gbps hingga 1.000 gbps di daerah tersebut.
    Pemerintah kemudian memopulerkan gagasan tersebut dengan nama Palapa O2 Ring. Akan tetapi karena mirip dengan merek dagang salah satu ponsel, pemerintah mengubah nama proyek serat optik ini menjadi Palapa Ring.
       Palapa ring sendiri akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, sedangkan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.
       Rencana pemerintah, Palapa Ring merupakan jaringan serat optik pita lebar yang berbentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua, serta delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengelilingi Indonesia baik lewat dasar laut atau pun lewat daratan.
   Proyek Palapa ring sendiri dibagi menjadi tiga paket, yakni paket Barat, Tengah serta Timur. Dengan masing-masing paket memiliki wilayah dan anggaran yang bereda pula.
Hasil gambar untuk palapa ring
sumber:https://indonesiasenyum.wordpress.com/2016/09/29/satu-indonesia-lewat-palapa-ring/
Lantas, apa manfaatnya bagi masyarakat Indonesia secara luas ?
Seperti diketahui, tujuan utama dari Palapa Ring adalah membuat biaya di operator selular, fixed broadband dan internet secara umum menjadi lebih murah yang pada akhirnya, pelanggan juga yang bisa menikmati murahnya biaya internet atau pun komunikasi lainnya. Iklim kompetisi sebaiknya tidak hanya di operator selular dengan kampanye-kampanye agresif seperti Rp. 10/detik, Rp. 1000 per jam , Rp 47 per menit dan lainnya.
Namun juga harus di terapkan di operator backbone bandwidth. Saat ini, iklim kompetisi belum sampai ke operator backbone bandwidth sehingga mengakibatkan masih mahalnya biaya internet di Indonesia.
Hadirnya Palapa ring juga akan memberikan peluang bisnis baru bagi industri UKM di pelosok daerah, serta dapat juga meningkatkan taaf hidup masyarakat lewat kegiatan ekonomi digital.
Sekedar informasi, Menkominfo juga sedang giat-giatnya melakukan kapanye untuk pertumbuhan e-commerce dan startup lokal. Dengan aliran internet berkecepatan tinggi di seluruh Indonesia, tentunya cita-cita Pemerintah dan Presiden Jokowi untuk menciptakan 1000 startup akan segera terealisasi.


sumber:https://telko.id/3843/mengenal-lebih-jauh-tentang-palapa-ring-dan-apa-manfaatnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALAPA RING BARAT http://mediatataruang.com/inilah-faktor-proyek-palapa-ring-barat-telah-diluncurkan/ APA ITU PALAPA RING? Palapa R...